Wednesday, June 4, 2008

Cara Memiliki Blog Sendiri di Blogspot

Memiliki Blog Sendiri

Cara paling direkomendasikan untuk memiliki blog sendiri adalah dengan mendaftarkan diri di http://blogger.com, belajar sedikit tutorial HTML dasar dan here you go! Anda sudah memiliki blog sendiri. Blooger.com tidak membatasi kapasitas jumlah blog yang bisa Anda miliki, tidak membatasi kapasitas panjang dari blog Anda. Anda bisa memilih desain interface blog Anda dari template yang telah disediakan, atau jika Anda sudah menguasai HTML Anda bisa merancangnya sendiri atau memodifikasinya. Blog Anda bisa ditempatkan di layanan website gratis seperti Tripod atau Geocities atau bisa juga ditempatkan di server yang disediakan Blogger.com.

selain di http://blogger.com, masih terdapat beberapa tempat lain untuk membuat blog. Beberapa yang terkenal di antaranya adalah di http://blogsome.com, http://wordpress.com, dll. Bila Anda telah memiliki account di friendster, maka blog bisa diciptakan juga lewat itu.

Membuat Blog di Blogger

Langkah-langkah untuk membuat blog di http://blogger.com adalah sebagai berikut :

  1. Buka situs http://blogger.com, maka di sana akan terlihat menu untuk mulai mendaftar seperti terlihat pada gambar berikut :

  1. Klik ”Create Your Blog Now” atau “Ciptakan Blog Anda Sekarang” untuk memulai mendaftar.
  2. Setelah itu masuk ke Step 1, yaitu “Create Account” atau membuat data yang dibutuhkan blogger.

Keterangan :

  • Email Addres/Alamat email: berisi email untuk konfirmasi dan sebagai login masuk ke account dan harus diisi.
  • Password/Masukkan Sebuah Password: tuliskan password 2 kali pada kolom yang sudah tersedia.
  • Display name/Nama Tampilan: nama yang akan dimunculkan pada blog Anda.
  • Word Verification/Verifikasi Kata: tuliskan huruf/angka yang tertera pada kotak yang telah tersedia, huruf harus disesuaikan dengan yang muncul dan bersifat case sensitif (pastikan apakah huruf itu kapital atau tidak).
  • Setelah Semua terisi, klik ”Continue” / ”Lanjut”.

  1. Kemudian masuk ke Step 2, yaitu “Name Your Blog” atau namai blog Anda.

Keterangan :

  • Blog Title/Judul Blog: merupakan nama dari blog Anda dan berfungsi sebagai judul blog.
  • Blog Address (URL)/Alamat blog: nama alamat blog Anda, misalnya ”namablog.blogspot.com”, dan tidak boleh ada karakter spasi. Untuk kasus ini, silahkan isi dengan nama Anda sendiri, misalnya ”belajaradsense02”. Selanjutnya, sistem akan merespon nama tersebut, dan bila tidak ada yang menggunakannya, maka alamat tersebut bisa Anda pergunakan. Hasil akhirnya, Anda akan mendapatkan alamat blog dengan format http://belajaradsense02.blogspot.com.

  1. Setelah itu masuk Step 3, yaitu ”Choose a Template” / pilih sebuah template, di mana Anda diharuskan untuk memilih salah satu template/model tampilan blog yang akan digunakan. Pilih salah satu, kemudian klik ”Continue” / ”Lanjut”.

  1. Pendaftaran selesai. Anda akan mendapatkan konfirmasi bahwa blog telah berhasil dibuat. Anda dapat melanjutkan untuk membuat posting dengan mengklik Start Posting/Mulai posting.

Selanjutnya Anda sudah memiliki blog dan mulai mengisi blog Anda.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home